ungkapan kebersamaan, kerinduan, kesedihan, kebahagiaan dan kegilaan dalam karya kampusgampingan

Senin, 03 Maret 2008

INDONESIA ART AWARD (IAA)

INDONESIA ART AWARD
MEMACU PENEMUAN

INDONESIA ART AWARD (IAA) adalah kompetisi seni rupa dan pemberian award bagi para seniman Indonesia. IAA merupakan program tetap Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), diselenggarakan sejak tahun 1994 dengan nama Phillip Morris Art Awards. Dan sejak tahun 2001 program ini dinamakan Indonesia Art Award. Kompetisi ini bertujuan untuk mengukur perkembangan mutakhir dalam praktik seni rupa sekaligus merangsang dan memacu berbagai penemuan baru yang terus diupayakan oleh seniman Indonesia.

Kompetisi ini telah banyak melahirkan seniman muda yang kemudian menjadi seniman terkemuka Indonesia sekaligus telah mengatar para seniman tersebut ke kancah internasional. Pada saat itu para pemenang IAA diiskutsertakan dalam event kompetisi tingkat ASEAN dan beberapa di antaranya telah berhasil menjadi pemenang sehingga turut mengangkat reputasi seni rupa Indonesia dalam percaturan Internasional.

IAA 2008 ini mengangkat tema SENI TANPA BATAS. Kompetisi ini terbuka untuk diikuti oleh seniman-seniman Indonesia tanpa batasan usia sekaligus tanpa batasan kategori media. Jika pada kompetisi-kompetisi sebelumnya hanya melombakan kategori seni lukis, pada IAA 2008 ini akan dikompetisikan semua kategori seni rupa. Semua kategori itu kini tidak lagi dibeda-bedakan. Semua dirangkum dalam satu kategori: SENI. Ini merupakan respon terhadap perkembangan seni rupa yang cenderung tak lagi terkotak-kotak: seni lukis, patung, grafis, instalasi atau yang lain. Semuanya memiliki nilai yang sama sebagai karya seni.

Kompetisi ini secara teratur akan diadakan setiap dua tahun sekali dengan menyeleksi sebanyak 100 finalis dan pemberian penghargaan untuk 10 Karya Terbaik. 100 karya finalis akan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Kepada seluruh seniman, terus ciptakan karya-karya terbaik untuk membuktikan bahwa kreativitas seni rupa Indonesia tak pernah surut dalam situasi apa pun. Selamat berkompetisi.

Miranda S. Goeltom

Ketua Umum YSRI.

TEMA:
SENI TANPA BATAS

PERSYARATAN

  1. Terbuka untuk seniman yang bekerja dalam pelbagai media: seni lukis, seni patung, seni grafis, seni keramik, seni instalasi, obyek, seni video, seni digital, fotografi dan lain sebagainya.
  2. Peserta adalah perseorangan atau kolaborasi (kelompok).
  3. Tidak ada batasan usia.
  4. Karya yang dikirim diciptakan dalam dua tahun terakhir.
  5. Ukuran Bebas.
  6. Maksimummengirim 3 (tiga) karya.

MATERI KOMPETISI

  1. Lukisan, cetak digital dan Fotografi : untuk masing-masing karya kirimkan 2 lembar foto ukuran 10 R.
  2. Patung, grafis, keramik, instalasi, obyek : untuk karya-karya tersebut kirimkan 4 lembar foto ukuran 10 R yang menampilkan 4 sudut pandang : tampak depan, samping, belakang dan tampak atas.
  3. Video : untuk karya video kirimkan contoh karya dalam bentuk 1 keping CD/DVD dengan resolusi gambar yang baik.

BIODATA DAN KETERANGAN KARYA

  1. Melampirkan keterangan karya : judul, ukuran, teknik, format, bahan dan hal-hal yang berkaitan dengan karya dalam selembar kertas.
  2. Melampirkan biodata (curriculum vitae), alamat surat, email, nomor telepon/HP, fax, email dan fotokopi KTP/SIM atau bukti identitas yang masih berlaku.
Materi persyaratan (foto, CD/DVD, formulir, CV, alamat peserta) sudah diterima selambat-lambatnyanya pada tanggal 20 Mei 2008, dikirim ke: Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Galeri Nasional Indonesia – Gedung B, Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat 10110. Telp. 62 21 3861603, Fax. 62 21 3861535.

3 karya pemenang utama dan 7 karya terbaik akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2008 bersamaan dengan pembukaan pameran sekaligus malam penganugerahan pemenang IAA 2008.

Indonesia Art Award (IAA) akan memberikan penghargaan dalam bentuk uang tunai kepada 10 Karya Kategori Terbaik:

1. Terbaik Pertama : Rp. 25.000.000,00 (Dua Puluh Lima Juta Rupiah)
2. Terbaik Kedua : Rp. 20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah)
3. Terbaik Ketiga : Rp. 15.000.000,00 (Lima Belas Juta Rupiah)
4. Terbaik (4-10) : Rp. 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah)

PAMERAN

Pameran 100 finalis akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 14 Juli 2008 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

--
DON KOMO STUDIO
Computer Graphic Artist

Handphone :+62 816 712 852
Email : don.komo@...
YM : don.komo@...
Blog : donkomo.blogspot.com

Tidak ada komentar: