ungkapan kebersamaan, kerinduan, kesedihan, kebahagiaan dan kegilaan dalam karya kampusgampingan

Senin, 26 Mei 2008

Akhirnya Aku Nonton Manifesto Juga...Pameran

Pameran manifesto memperingati 100 th kebangkitan nasional, bertempat
di galeri nasional sejak 22 Mei-15 Juni 2008.Dengan melibatkan 348
perupa dapat dikatakan ini pameran (mungkin) yang terbesar pada 2008
ini,untuk itu dibutuhkan team kurator yang 'dianggap' mumpuni untuk
pameran akbar ini yaitu Jim Supangkat, Rizki A Jaelani, Kuss Indarto,
Farah Wardani.

Mengingat pesan di atas pada 22 mei, saya dan rekan2 dari studio
'berupaya' datang ke lokasi, karena bersamaan dengan acara pameran
manifesto juga ada demo di sekitar istana merdeka berkaitan
kebangkitan nasional dan penolakan kenaikan harga BBM.

Untungnya pagelaran pembukaan pameran dapat berjalan sesuai rencana,
tetapi jumlah tamu dan undangan begitu banyak, sempat terpikir juga
ini 'tumpahan' dari demonstrasi BBM?, he he
Sesuai dengan rencana untuk kopi darat dengan agus moler (grafis 88)
kami ketemuan sebelum acara dimulai pada pk 19.00.

Sambil mendengar pidato2 yang ngga perlu (he he), mata kami keliling
360 derajat berharap ada teman atau kawan yang kami kenal. Banyak
perupa yang menjadi publik figur hadir dalam perlehatan akbar ini
seperti Djoko Pekik, Nyoman Gunarsa, AD Pirous, Rita Widagdo, Sunaryo,
, de es be...(ya bisa jadi begitu karena sudah terlalu 'seeeeniior'
lah ya!)

Pembukaan resmi oleh wakilnya jero watcik (menteri pariwisata),..dan
sayangnya dapat masuk gedung hanya dapat melalui pintu utama, karena
itu kami menunggu lagi dan akhirnya langsung ke tempat 'panganan' dan
'minuman' ajha he he .., disitu saya, moler , toto mujio mukmin
ketemuan dengan para 'bergundal' ISI seperti Marto (dkv 88), Sallaby
(int'90), Ponco..juga Tommy Faisal (lukis'90), Ade Darmawan (grafis
92)...langsung guyub suasananya..itu ditempat makan...

Begitu kami keluar ruangan makan tepatnya disamping karya
instalasi/patung-nya Yani, sudah ada suasana yang membuat saya 'de ja
vu',gerombolan yang lesehan dengan gelas2 plastik dan sebotol dua
botol air 'api' he he he, padahal dari kosumsi ada sponsor heineken
dan wine juga....isik pengin mandiri dan independent loh para
'bergundal' ini...

akhirnya saya tidak sempat mencermati karya seni yang dipamerkan, lha
para 'khewan'2 ini lebih menyita perhatian saya dan moler...
goje'an, ngawur, crita bener dan saru juga crita bohong yo saling
menyusul...yo ngenye'an barang...

Pk 10.30 saya berencana pulang, karena banyak tertawa saya lapar dan
haus (lagi)..he he jadi kembali lagi ke ruang makan...dan terus
nggabung lagi dengan para 'bergundal' he he
pk 11.15 saya benar2 pamit pulang, moler sih belum mau karena masih
berasa 'lebaran' dengan anggota club-nya he he

ya itu laporan pembukaan pameran manifesto yang (saya) bertujuan
ketemu dengan para perupa dan teman2 sesama ISI...
laporan pamerannya?..lebih obyektif silahkan baca kompas minggu 25 mei
kemarin oleh Ilham Khoiri

salam rame

yassir

foto2 dibawah

Tidak ada komentar: